Makan Enak di Paris

Prancis, terutama Paris, terkenal dengan makanan enaknya : enak dilihat dan enak dirasa dengan presentasi yang menarik.  Walaupun pergi dengan budget terbatas dan nggak makan di fine dining restaurant, setidaknya saya harus coba makan full course di resto bagus.

Siang ini saya dan Mas Ridho makan di pinggir Canal St Martin, tepatnya di La Marine.  Lingkungan St Martin sendiri menyenangkan, teduh dengan deretan pohon besar di kanan-kiri kanal.  La Marine tempatnya sangat strategis, dengan view canal tepat di depan jembatan yang bisa digeser kalau ada kapal lewat.  Milih resto ini murni mengikuti insting, dan ternyata setelah browsing, restoran ini memang banyak direkomendasikan baik oleh Parisiens ataupun turis.

Saya sendiri nggak akan sanggup kalau harus makan full course.  Baru entrée aja bisa-bisa udah kekenyangan.  Akhirnya, dengan malu-malu tapi cuek, kami berdua pilih 1 full course + 1 main course dengan pertimbangan entrée dan dessert bisa sharing.  Dan ternyata mbak-mbak kantoran di meja sebelah juga melakukan hal yang sama, jadi nggak malu-maluin lah yaa…

Sampai sekarang saya nggak habis pikir.  Perempuan Paris itu banyak yang kuat makan full course.  Tapi badannya kenapa bisa langsing yaa? Pas lunch ini saya baru memperhatikan cara mereka makan.  Selain menu yang less fat, mereka juga mengunyah pelan-pelan sambil ngobrol menikmati makanan.  Bisa habis 2 jam hanya untuk makan siang.  Makanan tercerna habis, hati pun senang karena bisa ngobrol.  Nggak lupa habis itu jalan kaki naik-turun metro.  Men sana in corpore sano🙂

Saya yang sudah kelaparan ini sampai La Marine jam 11.30.  Ternyata mereka strict baru mulai serve lunch jam 1pm.  Terpaksalah kami menunggu demi bisa makan full course dengan diganjel hot capuccino.  Semua makanan yang kami pesan enakkkk… Nggak rugi deh bela-belain makan 3x lebih mahal dari budget/makan.  Oh ya, ini pilihan kami yang ada di foto teratas :

  • Entrée : avocado tartare (semacam cake dari alpukat dan udang, enak banget!)
  • Main Course : entrecôte au poivre (steak saus au poivre, semacam beef bleu + mashed potato) dan dorade citroen, semacam garlic-infused fish stew in white butter sauce
  • Dessert : Gratin Chocolate Cake with Raspberry Sauce *glek, ngetik namanya aja udah bikin laper*

Itu sekali-kalinya saya makan full course di Paris.  Selebihnya? Ya makan hemat doong🙂 Beli baguette di boulangerie yang betebaran di semua sudut jalan, atau salad & pasta di convenience store, trus makan di taman deh.. Nikmat!

2 thoughts on “Makan Enak di Paris

    • Hai.. banyak kok makanan halal di paris karena banyak imigran dari turki, aljazair, dll. Hampir di setiap arrondisement ada makanan halal. Sebelum pergi cek dulu aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s