Gaya Traveling Dulu dan Masa Kini

image

Masih inget foto di atas?😉

Sebelum tahun 2005 (atau 2002 ya?), kalau tiket pesawat ini hilang, wassalam deh entah bisa pergi atau tidak. Saya belum pernah kehilangan tiket, dan tidak berani membayangkannya.

Dulu, semakin jauh perginya, semakin banyak persinggahannya, semakin tebal pula tiketnya karena dibuat per leg. Sekarang juga pasti banyak sih lembaran tiketnya, tapi sudah banyak maskapai yang tidak mewajibkan mencetak tiket, sepanjang tahu kode reservasinya.

Duluuu… saya bisa datang bolak-balik mengandalkan kecanggihan mas-mbak travel agent untuk mencarikan tiket promo atau yang sesuai permintaan : waktu terpendek, tempat singgah tersedikit atau justru yang singgah dan bisa dapat tiket open jaw, fasilitas free overstay untuk long haul, dan lain-lain. Sekarang tinggal duduk manis cari di search engine dan browsing, pilihan langsung muncul di depan mata.

Duluuu… kalau mau pergi ya hotelnya baru saya cari setibanya di tempat tujuan, baik datang langsung ataupun memesan di bandara.  Atau lagi-lagi ke travel agent untuk beli voucher-nya. Sekarang, pilihan banyak tersedia sampai kadang saya bingung untuk memilih hotel atau apartemen.

Duluuu… saya selalu beli peta daerah tujuan, Lonely Planet, atau cari peta gratis di bandara atau stasiun tujuan. Atau ya pasrah saja bertanya pada orang sekitar. Sekarang, google maps to the rescue!😀

Sekarang bepergian jauh lebih mudah sih, tapi entah ini hanya perasaan saya saja atau kalian juga, kadang kangen serunya jalan-jalan tanpa ‘kejelasan’.

Leave a Reply

